RSS

SKENARIO DISKUSI KELOMPOK MENURUT TOHIRIN

SKENARIO DISKUSI KELOMPOK

Diskusi kelompok merupakan suatu cara di mana siswa memperoleh kesempatan untuk memecahkan masalah secara bersama-sama. Setiap siswa memperoleh kesempatan untuk mengemukakan pikirannya masing-masing dalam memecahkan suatu masalah. Dalam melakukan diskusi siswa diberi peran-peran tertentu  Seperti pemimpin diskusi dan notulis dan siswa lain menjadi peserta atau anggota. Dengan demikian akan timbul rasa tanggung jawab dan harga diri.

Tahap pertama

Semua peserta diskusi kelompok memperkenalkan identitas masing-masing dan maksud,tujuan dan harapan yang ingin dicapai  serta menentukan structural kelompok seperti ketua kelompok, notulen.

Tahap Kedua

Tahap ini ketua kelompok menjelaskan aturan dalam pelaksanaan diskusi kelompok yaitu sebelum diskusi alot dimulai setiap peserta diskusi diberi kesempatan mengeluarkan pendapat/pemikirannya mengenai masalah yang dibahas kemudian setelah itu  ketua kelompok menyimpulkan awal seluruh pendapat dari peserta diskusi  dan setelah itu jika ada yang mau berbicara angkat tangan  kemudian ketua kelompok menjelaskan apa Tema umum masalah yang ingin dibahas bersama yang dilaksanakan melalui diskusi kelompok sehingga semua peserta diskusi tahu dimana masalah yang kami angkat adalah seorang siswa yang mempunyai prestasi belajar yang baik tiba-tiba prestasi belajarnya mengalami penurunan hal ini sebabkan oleh factor utama adalah pacaran setelah diidentifikasi  dan setelah itu ketua kelompok melihat situasi peserta diskusi apakah peserta sudah siap berdiskusi atau tidak dan menawarkannya.

Tahap Ketiga

Tahap ini semua peserta diskusi kelompok mengemukakan pikirannya secara bebas  mengenai masalah/topic pembahasan yang dipimpin oleh ketua kelompok secara berurutan kemudian umpan balik antara peserta diskusi dilakukan yang dipimpin oleh Ketua dan ditulis oleh notulen.

Tahap Keempat

Tahap ini merupakan tahap penyelesaian diskusi dimana jika ditemukan titik temuh dan solusi sudah didapatkan. Ketua kelompok menyimpulkan apa-apa yang disampaikan oleh peserta diskusi dan solusi yang ditawarkan kemudian jika tidak didapatkan solusi perlu kegiatan lanjutan untuk membahas masalah yang sama.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: