RSS

INVENTORI

INVENTORI

                                  

Inventori (inventaris, inventarisasi) adalah satu alat untuk menaksir dan menilai ada atau tidak adanya tingkah laku, minat, sikap tertentu dan sebagainya. Biasanya inventaris ini berbentuk daftar pertanyaan yang harus dijawab.

Di tinjau dari segi diungkapkannya data, maka sifat dari tekhnik ini adalah approach self report, sebab individu dengan inventoris itu dapat menyatakan segala aspek-asek kepribadian penyesuaiannya secara bebas. Adapun bentuk dari inventoris itu dapat berupa questionaire (angket), chek-list atau rating scale. Dengan alat-alat ini di harapkan individu dapat menunjukkan bagaimana biasanya ia merasa, bagaimana ia bersikap, berbuat dan mengerjakan sesuatu. Berdasarkan tujuan-tujuan itu maka kita mengenal adanya berbagai jenis inventori seperti: personality inventories, interest inventories, dan attitude inventories.

 

  1. A.  Personality inventories

 

Ialah inventoris yang dipersiapkan untuk mengungkapkan aspek-aspek kepribadian seseorang. Contoh-contoh dari personality inventories ini antara lain:

 

  • Ø BERNREUTER’S PERSONALITY INVENTORY

Inventori ini berisi 125 pertanyaan yang harus dijawab dengan “ya” atau “tidak” Atau tanda tanya ‘’?”. Tiap-tiap pertanyaan hanya boleh dijawab satu kali. Dari jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu brenreuter menggolong-golongkan, menurut kunci yang disediakan dalam 6 aspek  kepribadian, yaitu memenuhi kebutuhan  sendiri, kecenderungan neurotik, introversion-extroversion, sifat mengalah, kepercayaan dan keramahan dalam pergaulan.

 

Contoh-contoh pertanyaan dalam inventori ini:

Apakah kamu sering merasa sedih?(pertanyaan untuk introversion-extroversion). Apakah kamu memperoleh teman baru dengan mudah ? (untuk keramahan dalam bergaul). Apakah kamu berusaha jalan kaki jika ban sepeda kamu kempes ? ( untuk mengetahui sifat memenuhi kebutuhan sendiri), dan sebagainya.

 

  • Ø PINTER’S ASPECTS OF PERSONALITY

Tipe inventori ini untuk disiapkan untuk siswa kels 4 sampai kelas  9 jadi objek yang dapat diselidiki adalah lebih mudah dibanding dengan ciptaan bernreuter.

Tujuan dari inventori ini adalah untuk mengungkapkan penyesuaian pribadi anak dalam bidang-bidang : pengaruh kekalahan (ascendency-submission), introversi-extroversi, dan kestabilan emosionil.

Cara mengerjakan inventori ini dengan menyuruh anak menyatakan persetujuannya dan ketidaksetujuannya terhadap item-item yang disediakan. Item-item itu misalnya : jika seorang anak mencoba mendesak dan berdiri didepan saya, saya tidak takut menyuruhnya kembali ketempatnya. Jika anak merespon dengan “setuju” untuk sebagian besar dari bagian ascendency-submission berarti ia memperoleh skore rendah pda bagian tersebut, yang indikasinya adalah menunjukkan malu atau tipe anak yang suka menjauhkan diri.

Jika sebagian pada bagian tersebut dijawab tidak setuju maka hal ini berarti akan memperoleh skore tinggi dan sifat-sifat anak itu adalah mendominasi dan suka marah.

Skore rendah pada introversi –extroversi menunjukkan kecenderungan mengundurksn diri, menghindarkan tanggung jawab dan senang hidup dalam alam fantasi. Anak yang rendah skore stabilitas emosinya seolah-olah melarikan diri dan sudah bingung.

Hasil inventori aspek-aspek kepibadian ini dapat dipakai sebagai petunjuk mengenal anak yang membutuhkan advice psikis anak yang membutuhkan bimbingan pendidikan dan sebagai petujuk bagi psikologist atu psikiatris dalam studi dan diagnosa kasus maladjustment.

 

  1. B.   Interest Inventories

 

Beberapa interest inventori yang terkenal adalah :

 

  • Ø Strong Vocational Interest Blank

Inventori ini sengaja disusun untuk mengetahui minat seseorang dalam hal-hal seperti : jabatan-jabatan, mata pelajaran, kesenangan-kesenangan, aktivitas-aktivitas, keistimewaan-keistimewaan orang, dan sebagainya.

 

Contoh bagian pertama (I) : jabatan-jabatan. Kemungkinan jawaban yang disediakan adalah suka (s), blanko (b), dan tidak suka (ts).

 

  1. Actor…………………………s        b          ts
  2. Advertensor…………………s        b          ts
  3. Arsitek………………………..s       b          ts
  4. Opsir tentara………………….s       b          ts
  5. Artist………………………….s        b         ts

 

Dari dasar inventori dapat dikembangkan sendiri suatu struktur baru, yaitu dengan mengelompokkan 5 macam atau lebih pokok-pokok minat menjadi satu. Siswa disuruh memilih salah satu dari 5 macam pokok minat itu. Atau dapat juga disusun struktur dimana hanya ada satu pokok minat dalam satu kelompok yang terdiri dari 5 atau lebih unsure-unsur minat.

 

Contoh :

1)      Pilihlah salah satu jabatan yang paling kamu sukai dari tiap-tiap kelompok ini :

 

Insinyur pertanian                                                  Tukang las

Dokter Gigi                                                              Juru rawat

Hakim                                                                      Pramuria toko

Bupati                                                                       Kepala RT

 

2)      Pilihlah salah satu mata pelajaran yang kamu sukai dari tiap-tiap kelompok ini :

 

Ilmu tumbuh-tumbuhan                                       Ilmu tanah

Ilmu kimia                                                              Bakteriologi

Tata buku                                                                Ilmu ekonomi

Sejarah                                                                     Tata Negara

 

3)      Dan seterusya

Cara pengolahan hasilnya adalah dengan menjumlahkan pilihan unsure-unsur yang sejenis dari item-item. Jumlah yang terbanyak adalah merupakan indikasi dari minat seseorang pada unsure-unsur itu.

  • Kuder Preference Record

 

Inventori ini isinya meliputi : Vocational C, Vocational B, dan Personal A.

Vocational C mengukur 10 bidang minat pendidikan seperti : kegiatan diluar kelas, ilmu pesawat, perhitungan, ilmu pengetahuan alam, persuasive, mengenai sastra, music, service social, dan ketata usahaan.

Vocational B mengukur semua kecuali kegiatan diluar kelas, dari minat-minat yang diukur oleh vocational C.

Personal A mengukur lima jenis perbedaan kesenangan yang muncul sebagai panadai membawa diri, hal-hal yang praktis, kemungkinan akur (setuju) dan mendominasi.

Inventori ini memaksa orang yang diselidiki memilih aktifitas-aktifitas yang banyak (luas). Tetapi pilihan-pilihan itu tidak dikelompokkan didalam kategori seperti jabatan, mata pelajaran, dan sebagainya. Tiap alterntif, dikelompokkan menjadi tiga. Untuk tiap kelompok subjek harus memilih alternative mana yang paling ia tidak sukai.

Contoh :

  • Latihan olahraga
  • Memancing
  • Bermain bola

 

  • Memasak untuk dihotel

 

  • Memasak untuk orang-orang yang camping

 

  • Memasak untuk keluarga

 

Aktifitas setiap kelompok tidak harus sama kategorinya.

Walaupun interest inventory sangat penting bagi Quidance and Counseling, namun harus diingat bahwa inventory itu merupakan aptitude test. Interest siswa itu bias berubah-ubah terutama pada umur-umur dibawah 25 tahun. Bahkan ada juga yang telah tamat perguruan tinggi masih berubah-ubah tujuan-tujuan mereka.

Karena itu hasil interest inventory hendaknya diikuti sampai individu itu mencapai kematangan penuh.

 

  1. C.   Attitude inventories

Inventori ini sengaja disusun untuk mengukur sikap seseorang terhadap orang lain atau objek-objek kebudayaan hasil ciptaan orang-orang.

Sikap boleh dianggap sebagai satu bagian dari kepribadian dan biasanya dihubungkan dengan perasaan-perasaan, emosi serta merupakan factor penting dalam mencantumkan reaksi-reaksi dan tingkah laku kita. Sesuatu sikap dapat berupa pikiran sebagai pola respon, atau kecenderungan berakhir atau berbuat dalam cara-cara yang istimewa terhadap suatu keadaan.

Jadi seseorang menyatakan sikapnya terhadap aktifitas-aktifitas tertentu, fakta-fakta, partai-partai politik, dan terhadap seseorang seperti kepala sekolahnya, guru home roomnya, kawan sepermainannya, dan sebagainya. Sikap yang tidak favoralle biasanya akan menyebabkan reaksi penolakan atau agresi. Sikap yang netral adalah tidak memihak. Dan sikap yang favoralle adalah suatu tingkah laku yang membantu, menyokong, dan meyenangkan.

Untuk pengukuran sikap ini digunakan metode, yakni metode equal appearing intervals.

 

  • Ø Metode Equal Appearing Intervals

Thurstonel dan Chave yang mengembangkan metode ini, dimaksudkan untuk mengekspersikan sikap seseorang terhadap sesuatu persoalan secara menyeluruh mulai dari yang mendukung, netral, dan tidak mendukung. Individu disuruh mencek (v) hal mana yang ia setujui. Lalu hasilnya dijumlah, dan misalnya terdapat score terbanyak (11) menentang, score (6) netral, dan 5 4 2 mendukung. Maka setiap seseorang itu adalah didasarkan pada rata-rata dari nilai skala yang diceknya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: