PENGEMBANGAN INSTRUMEN KOUSIONER (ANGKET) SISWA
- A. Tujuan
- Mengetahui berapa persen kecemasan siswa menghadapi ujian Nasional dimana hal yang menjadi alasannya adalah percepatan Ujian Nasioanalnya
- Mengetahui apa dan Bagaimana kebiasaan belajar siswa dikelas maupun luar kelas siswa
- B. Variabel
- Siswa
- Item Pernyataan seperti Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional
- Item Pernyataan Seperti Kebiasaan Belajar siswa
- Skala
- Skoring
- C. Skala Sikap
Berbagai bentuk skala sikap dalam hal ini kami mengambil skala likert
Skala likert digunakan untuk mengukur sikap,pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang kejadian atau gejalah social. Dengan menggunakan skala likert maka variable yang akan diukur dijabarkan menjadi dimensi,dimensi dijabarkan menjadi sub variable kemudia sub variabel dijbarkan lagi menjadi indicator-indikator yang dapat diukur. Akhirnya indicator yang terukur ini dpat dijadikan titik tolak untuk membuat item instrument yang berupa pertanyaan atau pernyataan yang perlu dijawab oleh responden. setiap jawaban dihubungkan dengan bentuk pernyataan atau dukungan sikap yang diungkapkan dengan pernyataan positif dan negatif.
- D. Skoring
- Item Pernyataan Negatif seperti Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional
SS=Sangat Sesuai : 1
S=Sesuai : 2
KR= Kurang Sesuai : 3
TS=Tidak Sesuai : 4
STS=Sangat Tidak Sesuai : 5
- Item Pernyataan Positif Seperti Kebiasaan Belajar siswa
PS=Paling Setuju : 5
S=Setuju : 4
KS=Kurang Setuju : 3
TS=Tidak Setuju : 2
STS= Sangat Tidak Setuju : 1
- E. Analisis Data Angket
- Jumlah orang yang menjawab Altenatif jawaban x Skoring Altenatif jawaban (misalnya jumlah skor yang menjawab altenatif jawaban 2 orang x scoring altenatif jawaban misalnya STS : 5 jadi 2X5 = 10 dan seterusnya kemudian dijumlahkan sampai pada jumlah skor ideal dimana scoring altenatif jawaban x jumlah angket yang diberikan kepada responden dan seterusnya. Jadi untuk menghitung kriterian intepretasi skor caranya adalah jumlah orang yang menjawab per item alternative jwaban dan scoring alternative jawaban x jumlah skor ideal
- Cacatan : Jumlah responden yang diberrikan angket pelu diperhatikan
- F. Kriteria Interpretasi Skor
- Kriteria Interpretasi Skor Pernyataan Negatif Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional
Angka 0 % -20 % = Sangat Tidak Cemas
Angka 21 % – 40% = Tidak Cemas
Angka 41% – 60% = Kurang Cemas
Angka 61% – 80% = Cemas
Angka 81% – 100 % = Sangat Cemas
- Kriteria Interpretasi Skor Pernyataan Positif Kebiasaan Belajar siswa
Angka 81% – 100 % = Sangat Baik
Angka 61% – 80% = Baik
Angka 41% – 60% = Sedang
Angka 21 % – 40% = Buruk
Angka 0 % – 20 % = Buruk Sekali
ANGKET SISWA KECEMASAN MENGIKUTI UJIAN NASIONAL
INISIAL NAMA :
KELAS :
Mohon dijawab sesuai dengan situasi yang sebenarnya, dengan memberi tanda (√) pada kolom jawaban yang telah tersedia.
Keterangan:
SS=Sangat Sesuai, S=Sesuai,KR= Kurang Sesuai TS=Tidak Sesuai, dan STS=Sangat Tidak Sesuai
PERNYATAAN |
SS |
S |
KR |
TS |
STS |
|
Saya sulit mengungkapkan pendapat ketika teman-teman memperbincangkan masalah ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Ketika belajar, saya sulit berkonsentrasi karena memikirkan percepatan Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya pusing memikirkan Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya resah dengan dipercepatnya ujian nasional. |
|
|
|
|
|
|
Meskipun ujian nasional dipercepat saya dapat tidur lelap. |
|
|
|
|
|
|
Jantungku berdetak tak beraturan ketika mengetahui adanya percepatan Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa tenang meskipun Ujian Nasional dipercepat. |
|
|
|
|
|
|
Meskipun dipercepat, saya siap menghadapi Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya sering meyendiri setelah mengetahui adanya percepatan ujian nasional pada tahun ini. |
|
|
|
|
|
|
Meskipun Ujian Nasional dipercepat, saya tetap konsentrasi dalam belajar. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa ragu dengan kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya takut akan ketidakmampuan dalam menjawab soal Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya senang Ujian Nasional dipercepat. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa percaya diri akan kemampuan saya menghadapi Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Setiap hari saya memikirkan adanya percepatan Ujiian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya selalu teringat percepatan ujian nasional pada saat belajar. |
|
|
|
|
|
|
Saya tidak pusing memikirkan pelaksanaan Ujian Nasional yang dipercepat. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa lemas ketika mengingat bahwa Ujian Nasional tidak lama lagi. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa gugup akan menghadapi Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya selalu menghindar apabila teman-teman memperbincangkan masalah percepatan Ujian nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa prihatin tentang percepatan Ujian Nasional.
|
|
|
|
|
|
|
Saya merasa sensitif sewaktu mendengar obrolan mengenai ujian nasional yang lebih cepat dari tahun sebelumnya. |
|
|
|
|
|
|
Saya seakan mau mati ketika memikirkan percepatan ujian nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya selalu teringat akan percepatan Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa pesimis dengan dimajukannya Ujian Nasional tahun ini. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa santai saja dalam menyikapi percepatan Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Pikiran saya selalu teringat akan masalah percepatan Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya gelisah memikirkan Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya merasa optimis menghadapi Ujian Nasional. |
|
|
|
|
|
|
Saya tidak pernah memikirkan masalah Ujian Nasional yang dipercepat. |
|
|
|
|
|
|
***TERIMA KASIH***
ANGKET SISWA MENGENAI KEBIASAAN BELAJAR
INISIAL NAMA :
KELAS :
PETUNJUK:
Mohon dijawab sesuai dengan situasi yang sebenarnya, dengan memberi tanda (√) pada kolom jawaban yang telah tersedia.
Keterangan:
PS=Paling Setuju, S=Setuju, KS=Kurang Setuju, dan TS=Tidak Setuju,STS: Sangat Tidak Stuju
Pernyataan |
PS |
S |
KS |
TS |
STS |
Saya harus membaca suatu bagian bahan pelajaran berulang kali untuk mengerti isinya |
|
|
|
|
|
Saya membaca dengan keras (bersuara) kata demi kata bahan yang sedang saya pelajari
|
|
|
|
|
|
Saya lebih banyak mencatat dari pada mendengarkan waktu guru menerangkan
|
|
|
|
|
|
Saya mengalami kesukaran dalam memusatkan perhatian pada bahan yang sedang saya pelajari
|
|
|
|
|
|
Saya cenderung untuk melamun waktu saya sedang belajar
|
|
|
|
|
|
Saya sering tidak menyelesaikan tugas-tugas pada waktunya.
|
|
|
|
|
|
Saya lebih banyak belajar pada teman dari pada belajar sendiri
|
|
|
|
|
|
Saya berusaha menjawab setiap soal sebaik-baiknya sebelum meneruskan ke soal berikutnya
|
|
|
|
|
|
Saya berusaha membuat ringkasan tentang hal yang saya pelajari |
|
|
|
|
|
Saya merasa terlalu lelah,mengantuk dan kurang bersemangat untuk belajar dengan baik |
|
|
|
|
|
Saya hanya dapat belajar dengan baik kalau sambil makan makanan kecil atau mendengarkan lagu-lagu |
|
|
|
|
|
Saya tidak senang pada mata pelajaran atau guru tertentu,hal ini mengganggu hasil belajar saya |
|
|
|
|
|
rizky
September 27, 2012 at 6:58 am
kalau boleh saya tahu, apa bapak punya angket tentang rasa takut siswa?
bukunnq
September 29, 2012 at 11:25 pm
angket untuk memngethui rasa takut siswa begitu? rasa takut kan baxk…
dian
March 4, 2013 at 3:10 am
Boleh jika saya melihat beberapa aitem dan mencontoh struktur angketnya, Pak?
Angket yg saya buat nantinya mau digunakan di SD yg meminta kunjungan melalui Puskesmas di wilayah Sleman.
bukunnq
April 24, 2013 at 10:03 am
iyee