RSS

Pengertian Filsafat dan Filsafat Pendidikan

23 Apr

FILSAFAT DAN FILSAFAT PENDIDIKAN

A.    Pengertian Filsafat

    1. Menurut Hasan Shadily ( 1984: 9 ) Menyatakan bahwa Filsafat adalah Cinta pada Ilmu pengetahuan atau kebenaran, suka kepada Hikmah dan kebijaksanaan. Jadi ornag yang berfilsafat adalah orang yang mencintai Kebenaran, Berilmu Pengetahuan,ahli hikmah dan bijaksana.
    2. Harlus Titus Mengemukakan pengertian Filsafat sebagai berikut:
    3. Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara kritis.
    4. Filsafat ialah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi.
    5. Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan.
    6. Filsafat ialah analisis logis dari bahasan dan penjelasan tentang arti konsep
    7. Filsafat adalah sekumpulan problema-problema yang langsung mnedapat perhatian manusia dan dicarikan jawabannya oleh ahli filsafat.
      1. Notonegoro  menyatakan bahwa filsafat adalah menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat.
      2. Driyakarya  menyatkan bahwa filsafat adalah sebagai perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan.
      3. Prof.Dr.Ismaun, M.Pd menyatakan Filsafat ialah usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya secara sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yang hakiki (pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yang sejati.

A.    Pengertian Filsafat Pendidikan

    1. Al-Syaibany mengartikan bahwa filsafat pendidikan  ialah aktifitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat  tersebut sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan . Artinya, bahwa filsafat pendidikan dapat menjelaskan nilai-nilai dan maklumat-maklumat yang diupayakan untuk mencapainya, maka filsafat pendidikan dan pengalaman kemanusian merupakan faktor yang integral atau satu kesatuan.
    2.  Iman Barnadib menyatakan bahwa filsafat pendidikan yakni ilmu yang pada hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidikan. Karenanya, dengan bersifat filosofis, bermakna bahwa filsafat pendidikan merupakan aplikasi sesuatu analisa filosofis terhadap bidang pendidikan.
    3. John Dewey menyatakan bahwa filsafat pendidikan adalah suatu pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik yang menyangkut daya pikir ( intelektual ) maupun daya perasaan ( emosional ) menuju tabiat manusia.
    4.  Zanti Arbi (1988)filsafat pendidikan adalah sebagai berikut :
      1. Menginspirasikan

menginsparasikan adalah memberin insparasi kepada para pendidik untuk melaksanakan ide tertentu dalam pendidikan

  1. Menganalisis

menganalisis dalam filsafat pendidikan adalah memeriksa teliti bagian-bagian pendidikan agar dapat diketahui secara jelas validitasnya.

  1. Mempreskriptifkan

Mempreskriptifkan dalam filsafat pendidikan adalah upaya mejelaskan atau memberi pengarahan kepada pendidik melalui filsafat pendidikan

  1.  Menginvestigasi

menginvestigasi dalam filsafat pendidikan adalah untuk memeriksa atau meneliti kebenaran suatu teori pendidikan.

  1. Prof. Dr. H. Jalaluddin menyatakan bahwa filsafat pendidikan adalah ilmu pengetahuan normatif dalam bidang pendidikan merumuskan kaidah-kaidah norma-norma dan atau tingkah laku perbuatan yang sebenarnya dilaksanakan oleh manusia dalam hidup dan kehidupannya.
 
Leave a comment

Posted by on April 23, 2011 in Tentang saya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: