RSS

Management Stress

23 Apr

Cara Mengelola Stress Melalui Teknik Meditasi

Oleh Akhmad Harum (2009) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UNM

 

Abstrak

Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia dalam pengembangan untuk pembangunan. Setiap derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman sering memunculkan tantangan-tantangan baru yang semua tidak dapat diramalkan sebelumnya. sebagai konsekuensi logis, pendidikan selalu dihadapkan pada masalah baru.

Mahasiswa merupakan generasi penerus yang sangat penting bagi kelangsungan bangsa dan negara. dalam hal ini yang paling penting adalah mengenai pendidikan di indonesia.  Seharusnya mahasiswa dapat menciptakan prestasi dan peningkatan produktifitas belajar. untuk meningkatkan pendidikan di indonesia saat ini namun melihat fenomena pendidikan indonesia saat ini yang perlu dimiliki oleh setiap mahasiswa adalah kesehatan mental yang baik dan bebas dari gejala-gejala kecemasan namun sering kita jumpai dikalangan mahasiswa menderita ketidaksehatan mental salah satu contohnya adalah stress.

Stress merupakan salah satu bentuk ketidaksehatan mental yang sangat merugikan bagi mahasiswa, stress merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penurunan prestasi mahasiswa dan produktifitas belajar mahasiswa.Sesuai dengan penelitian dari salah satu institusi pendidikan yaitu ITB bahwa 70% faktor penyebab terjadinya penurunan prestasi dan produktifitas belajar mahasiswa adalah karena para mahasiswa tidak mampu mengelola stress yang mereka alami.(Anonom,www.wikipedia.com)

Stess dapat diartikan sebagai tekanan yang terjadi dalam kondisi psikologis seseorang yang berupa tekanan dari luar dari keadaaan.linkungan yang berupa peristiwa traumatik. Menurut (Aurora,2008) “Stress merupakan tekanan psikologis yang berupa tekanan psikologis yang disebabkan dari pengalaman traumatik berupa rasa khawatir, perasaan tidak sabar, nyeri, tidak semangat, cemas, ketakutan dan rasa ketidakpastian”.Selain tekanan-tekanan akademik dan teman sebaya stress dapat pula disebabkan oleh faktor kejenuhan sehingga mahasiswa sangat rentan terhadap stress dan ada beberapa penyakit yang diakibatkan oleh stress yaitu masalah perut yang berupa diare, colitis (radan usus besar), irritable syndrome( sindrom usus teriritasi) selain itu terjadi iritasi kulit berupa jerawat dan beberapa kelainan kulit seperti psoriasis dan liken plamus selain itu nyeri seperti megren radang sendi dan beberapa gangguan imunitas lainnya dan yang terparah dalah kanker yang merupakan salah satu tumor ganas.

Stress dapat dibedakan menjadi dua bentuk yaitu stress baik dan stress buruk,stress baik yaitu stress yang dapat memberi motivasi dan dapat memberikan inspirasi,biasanya berupa morivasi belajar yang merupakan situasi yang menyenangkan dan tidak mengganggu kesehatan.Sadangkan stress buruk diartikan sebagai situasi yang dapat membuat orang menjadi tegang dan bingung, merasa bersalah dan kewalahan baik itu berupa stress kronik maupun stress akut  Sehingga dari masalah-masalah yang ada diatas sehingga dibuat salah satu teknik mengelola stress mahasiswa melalui tehnik meditasi

Meditasi merupakan salah satu tehnik relaksasi tertua dari zaman cina kuno yang kemudian disesuaikan dengan keadaan dan budaya saat ini. Ada beberapa teknik relaksasi yaitu melalui Pernafasan Diafragma yaitu dengan mengatur nafas  dan lebih terarah, kemudian Relaksasi Otot secara Progresif (Progresif Muscular Relaxation)[PMR] yang berupa merelaksasikan otot-otot yang tegang dengan merupakan terapi meredakan gejala stress seperti onsomnia, hipertensi, sakit kepala nyeri punggung bawah.

Pelatihan ontogenik  yaitu pelatihan mengendalikan semua fungsi tubuh seperti frekwensi tekanan jantung, takanan aliran darah, Olah raga dan Nutrisi yang dipercaya dapat mengurangi stress. Dan yang terakhir yaitu dengan Meditasi yang merupakan pokok pembahasan kita sebagai tehnik mengelola stress mahasiswa.Meditasi dapat dirtikan sebagai menenangkan pikiran dalam (Aurora,2008) “Meditasi merupakan salah satu tehnik mengelola stress yang dapat meningkatkan oksigen  yang membantu sirkulasi darah  serta proses pencernaaan melalui pernafasan.”

Ada beberapa jenis tehnik meditasi yaitu meditasi insklusif dan meditasi eksklusif Meditasi  dapat diartikan sebagai meditasi terbuka yaitu melalui asosiasi bebas yaitu pikiran yang menerawang tampa tujuan. Sedangkan, Meditasi eksklusif yaitu Meditasi yang biasa disebut dengan meditasi terbuka yaitu meditasi yeang mengharuskan penentuan pikiran pada satu titik. Adapun pelatihan-pelatihan tehnik meditasi yang dapat digunakan dalam mengelola stress mahasiswa adalah dengan menggunakan Latihan Meditasi Floating Log, yaitu pelatihan menutup mata dengan membayangkan diri pada suatu tempat, Pelatihan Meditas Balon Udara, serta Pelatihan Membentuk Imajinasi Mental untuk Relaks.

Pendahuluan

Mahasiswa merupakan generasi yang sangat berperan penting bagi kelangsungan bangsa dan Negara Indonesia untuk itu sebagai mahasiswa hendaknya memiliki kemampuan untuk meningkatkan prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Pada kenyataanya di kalangan mahasiswa dalam hal ini mahasiswa UNM dalam menciptakan prestasi akademik dan peningkatan produktifitas belajar justru semakin merosot. Masalah ini merupakan sebuah polemik yang terjadi di dunia pendidikan di Indonesia Indonesia khususnya di Makassar yang menjadi cermin bahwa kualitas pendidikan di Negara Indonesia masih sangat minim.

Ini merupakan hal yang menengangkan bahwa ternyata 70% mahasiswa di Indonesia mengalami penurunan produktifitas belajar dan prestasi hanya karena stress yang mereka alami. Bahkan tidak sedikit dari mahasiswa yang mengalami stress melakukan perilaku agresi seperi tindak kekerasan yang menyerang, memukul, melukai, dan terakhir berupa kebencian patologis.

Pada dasarnya faktor penyebab terjadinya stress berbeda namun imbasnya pada ketidakmampuan mengelola stress menyebabkan kemerosotan produktifitas belajar dan prestasi dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar keluhan mahasiswa terhadap tekanan yang mereka hadapi baik itu berupa tekanan akademik maupun terhadap tugas-tugas dari dosen ataupun tekanan dari tekanan dari teman sebaya berupa tuntutan pada penerimaan suara kelompok. Masalah-masalah diatas perlulah kiranya solusi untuk bagaimana mengelola stress mahasiswa, salah satunya adalah meditasi yang merupakan salah satu teknik mengelola stress tertua di dunia yang sering dilakukan pada zaman cina kuno.

Mediasi dapat dideskripsikan sebagai suatu metode peningkatan konsentrasi dan kesadaran yaitu suatu proses menjernihkan fikiran dan hanyut dalam momen yang sedang berlangsung. Relaksasi meditasi merupakan suatu tehnik yang memuat beberapa komponen tehnik relaksasi yang diketahui dan dipraktikkan. Ada beberapa jenis tehnik meditasi yaitu meditasi insklusif dan meditasi eksklusif Meditasi  dapat diartikan sebagai meditasi terbuka yaitu melalui asosiasi bebas yatu pikiran yang menerawang tampa tujuan. Sedangkan, Meditasi eksklusif yaitu Meditasi yang biasa disebut dengan meditasi terbuka yaitu meditasi yeang mengharuskan penentuan pikiran pada satu titik.

Isi/Pembahasan

Salah satu alternative yang ditawarkan pada mahasiswa dalam mengelola stress mereka yaitu dengan cara meditasi melalui imajnasi mental dengan beberapa pelatihan-pelatihan khusus.

  1. Imajinasi Mental

Imajinasi Mental ini merupakan suatu tehnik mengkaji kekuatan fikiran saat sadar maupun tidak sadar untuk menciptakan bayangan gambar yang membawa ketenangan dan keheningan sama pada saat berlibur. Imajinasi Mental ini  dapat dilakukan dengan memejamkan mata dan mendengarkan alunan gulungan ombak dilaut imjinasi ini dapat dilakukan untuk melawan diri anda seperti dari masalah yang menyimpang.

Imajinasi mental merupakan suatu tehnik untuk mengkaji kekuatan fikiran saat sadar maupun tidak sadar untuk dapat menciptakan bayangan gambar yang mambawa ketenangan dan keheningan sama seperti saat berlibur. Sekarang tehnik ini dapat juga digunakan sebagai sarana penyembun untuk memulihkan kesehatan organ-organ tubuh yang mengalimi kelainan atau penyakit seperti kanker dengan membayangkan kondisi bagian tersebut dalam keadaan sehat. Keterampila berimajinasi ini memerlukan pembentukan bayangan, pemandangan ,atau imperasi pengecapan, penciuman bahkan indera sentuha untuk menciptakan indera sensasi yang menyenangkan seperi membayangkan pergi ke pantai.

Beberapa Langkah untuk Memulai Imajinasi Mental

  1. Cari posisi yang nyaman

Imajinasi mental ini dapat dilakukan dengan melakukan pernafasan diafragma yaitu dapat dilakukan kapan dan dimana saja dengan memejamkan mata dan menutup diri dari lingkungan sekitar sehingga imajinasi menciptakan bayangan yang tenang dan hening yang dapat dilakuka sambil duduk atau berbaring dimana posisi tersebut merupakan pososi yang paling nyaman bagi tubuh untuk merasa rilaks.

  1. Konsentrasi dan Sikap.

Seperti halnya dengan tehnik ralaksasi yang lain imajinasi mental membutuhkan konsentrasi yang penuh. Praktik awal tehnik ini dapat berlangsung singkat sekitar 5 menit dan memungkinkan terbentuknya kekuatan konsentrasi anda dan saat menggunakan indra dalam menciptakan imajinasi dengan memusatkan perhatian pada warna, bentuk, tekstur, suara, bunyi ketenangan, maupun semua perasaaan yang diciptakan. Jika pikiran mulai menyimpang coba kembalikan kendali perhatia anda kerincian yang ada pada bayangan atau imajinasi itu.

  1. Tema visual.

Pilihan bayangan yang tidak terbatas anda dapat memulai dengan menentukan tujuan visualisasi anda sebqagai bentuk pelarian sejenak dan menjernihkan pikiran ataukah bayangan penyembuhan itu untuk memulihkan dan memudahkan tubuh.Dengan menyasuaikan bayangan untuk memenuhi kebutuhan dan memejamkan mata dan mengikuti imajinasi tersebut.Imajinasi mental dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.Tehnik imajinasi ini paling baik jika dipelajari ditempat tenang tetapi begitu menguasainya dapat digunakan ditempat kerja, saat istirahat, dan selama jam makan siang.

Tehnik ini juga dapat digunakan selama beberapa menit sebelum melakukan persentrasi intinya dslsm situasi apaun anda dapat melepaskan diri sejenak dan memulihkan ketenangan.dan untuk mendapatkan ketenangan itu dapat dilakukan dengan imajinasi mental secara terus menerus dan secara bertahap agar keterampilan meditasi atau keterampilan tehnik menenangkan diri dapat dilakukan dimana saja untuk itu ada beberapa tehnik pelatihan meditasi bagi mahasiswa yang dapat dilakukan dari berbagai keadaan.

  1. Latihan Meditasi Floating Log.

Pelatihan Meditasi Floating log adalah suatu latihan yaitu anda menutup mata dan membayangkan diri anda diatas sebuah batu besar dipinggir sungai. Saat anda memandang ke sungai tersebut. Anda akan melihat batang kayu. Tiba-tiba anda menyadari bahwa sekumpulan kayu tersebut mulai terpecah. Satu persatu setiap batang terbebas dan segara bergerak sacara pasif ke hilir. Saat anda memandang setiap batang, tempatkan satu pikiran batang itu dan amati batang berikut yang mendekat. Biarkan batang terseut membawa pikiran lain menjauh dari penglihatan. Teruskan sampai semua batang terbebas dari ikatan dan sampai benak anda terbebas dari semua pikiran.

  1. Latihan Meditasi Balon Udara.

Tutup mata anda dari menenpatkan diri dalam keranjang balon udara yang panas. Balon udara ini bersandar di tanah dengan bantuan karung pasir. Bayangkan setiap karung pasir sebagai satu masalah .

Daftar Rujukan

Umar,Nurfadillah.2009.  Stress dan Meditasi (Makalah). Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Covey,Gerald. 2003.Theory and Practice of Counceling and Psychotherapy.Refika Aditama : Bandung

Chaplin,JP . 1981. Kamus Lengkap  Psikologi .ed. Revisi. Rajawali Press: Jakarta.

Anonim. 2010. Encyclopedia.com; Stress. (on line) (diakses 17 Desember 2010) jam 01.00pm

Sundari, Siti. 2005. Kesehatan mental. Rineka Chipta: Jakarta

Aurora, Anjani .2008. 5 Langkah Mencegah dan Mengatasi Stress. Buana Ilmu Populer: Jakarta

 
17 Comments

Posted by on April 23, 2011 in Catatan Kuliah, Opini, Tugas

 

17 responses to “Management Stress

  1. arasmunandar

    April 23, 2011 at 6:16 am

    aiiiiiiiiiiiiii….kulaporkow ma aghi lang SKSD kow lagi ma cewek….kwkwkwkwkwk:p

     
    • bukunnq

      April 23, 2011 at 6:21 am

      awasko……..nach……hjangq buka kartu

       
    • ahmadmiftah

      April 23, 2011 at 6:22 am

      Yoi..
      pura-pura ajar cwek..
      padahal Mau ji ambil ksempatan..
      harum…harum…

       
      • bukunnq

        April 23, 2011 at 6:23 am

        na tawx…miftah..ksmpatan itu bro……lupkn dulu yang itu

         
    • cadandacons

      April 23, 2011 at 6:39 am

      adek alamatnya dulu,kirim nah

       
  2. ahmadmiftah

    April 23, 2011 at 6:18 am

    Orang Tua Kodong Harum

     
    • bukunnq

      April 23, 2011 at 6:20 am

      awasko miftah……

       
  3. cadandacons

    April 23, 2011 at 6:19 am

    wowwwwwww, puanjang sekali but tulisan yang bagus untuk blogger pemula.good job

     
    • bukunnq

      April 23, 2011 at 6:20 am

      yup yup kanda………..

       
  4. cadandacons

    April 23, 2011 at 6:38 am

    balasannya mana???????????????????????

     
  5. cadandacons

    April 23, 2011 at 6:50 am

    harun kirim dulu alamat blognya dua orang temanmu yang disitu.

     
    • bukunnq

      April 23, 2011 at 9:06 am

      mf kk ru lihat….
      arasmunandar dan ahmadmiftah

       
  6. anakpapamama

    April 23, 2011 at 6:55 am

    calon2 semua ini!!! hehehehe…

     
    • bukunnq

      April 23, 2011 at 9:10 am

      maksdxxxx

       
    • bukunnq

      July 24, 2012 at 10:23 pm

      calon Pa?

       
      • Amirullah Daeng Sibali

        August 30, 2012 at 12:14 pm

        Calon Pejuang Dunia Konseling Indonesia

         
      • bukunnq

        September 10, 2012 at 9:55 pm

        hahahahahah

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: