RSS

PENDIDIKAN DALAM MASYARAKAT MODERN DAN SEDERHANA

PENDIDIKAN DALAM MASYARAKAT MODERN DAN SEDERHANA

  1. A.    Karakteristik Umum pendidikan dalam kebudayaan

Hampir semua kegiatan belajar yang sadar dari manusia mengandung tiga proses yaitu mendengarkan, memperhatikan dan melakukan. Setiap kebudayaan-kebudayaan tertentu  memberikan penekanan yang berlainan terhadap satu atau terhadap yang lain dari ketiga proses ini dan memberikan tekanan yang begitu besar pada salah satu ketiga proses ini dalam mempelajari hal-hal tertentu.sebagai contoh pendidikan dibarat masa kini,anak-anak disana lebih banyak membaca daripada memperhatikan dan mendengar meskipun kita ketahui keseimbangan bergeser sedikit karena pemakaian media dan banyaknya pendidikan yang terdiri dari” belajar melalui bekerja”.

Semua kebudayaan menggunakan upah dan hukuman untuk mendorong belajar dan membetulkan perilaku yang salah. Upah itu bermacam mulai dari memuji dan menghargai sampai pada pemberian hadiah,hukuman mulai dari tidak membenarkan dan menawarkan sampai pada pengurungan dan pemukulan.

  1. B.     Masyarakat Modern dan sederhana

Menurut Robert Redflied bahwa masyarakat sederhana adalah kecil,terasing, sangat terintegrasi,bersifat konsensus dengan solodaritas kelompok yang tinggi  dan pembagian kerja yang sederhana.

Menurut Philosof zaman pencerahan mengatakan bahwa masyarakat sederhana meruapakan cermin dalam keadaan alamiah sebelum terbentuknya pemerintah tipe awal dari institusi masa kini.

Masyarakat modern adalah masyarakat  yang menempatkan mesin dan teknologi pada posisi yang sangat penting dalam kehidupannya sehingga mempengaruhi ritme kehidupan dan norma-norma.


 

Perbandingan masyarakat modern dan sederhana

  1. Masyarakat sederhana sangat homogen; sebagian besar anggota-anggotanya memliki pengetahuan dan perhatian yang sama dan biasa dengan pemikiran,sikap-sikap dan aktivitas dari seluruh anggota masyarakat sedangkan masyarakat modern industri kompleks,terspesialisasi dan rapat penduduknya dan banyak inforamsi yang terkumpul.
  2. Dalam masyarakat modern unit keluarga yang tipikal adalah keluarga batin, yang terdiri dari suami, istri dan anak-anak sedangkan dalam masyarakat sederhana unit keluargnya adalah keluarga luas,atau kelompok kekerabatan yang terdiri dari generasi yang diikat bersama melalui garis laki-laki
  3. Dalam masyarakat modern meyakini akan kemajuan dan bersifat terbuka,ia berpendapat bahwa kondisi kemanusiaan,fisik dan spritual dapat diperbaiki sedangkan pada masyarkat sederhana semuanya itu tidak bisa dirobah,manusia dan lingkungannya membentuk satu kesatuan yang tidak bisa dibagi.
  4. Masyarakat sederhana dalam memenuhi kebutuhannya relatif tetap dan dikenal semua sedangkan masyarakat modern mesti harus terus menerus menciptakan kebutuhan-kebutuhan baru untuk mengerakkan roda ekonomi.

 

  1. C.    Pendidikan Modern dan Sederhana

Secara umum Dalam kebudayaan masyarakat sederhana agen pendidikan formalnya adalah termasuk kelurga,kerabat dan upacara inisiasi.

Beberapa faktor sehingga munculnya sekolah

  1. Perkembangan agama yamg melembaga
  2. Pertumbuhan dari dalam maupun luar
  3. Pembagian kerja
  4. Konflik dalam masyarakat

Perbedaan yang sangat besar antara pendidikan dalam masyarakat sederhana dan masyarakat modern adalah pergeseran dari kebutuhan individu untuk mempelajari sesuatu yang disetujui oleh setiap orang yang mereka setujui untuk mereka ketahui ke arah apa yang dikatakan Margaret Mead ‘ kemauan beberapa indivdu unutk mengajarkan sesuatu yang tidak sepakati bahwa siapapun mempunyai keinginan untuk tahu”.

Anak –anak dalam masyarakat modern terhadap pendidikan mempunyai sebab –sebab berlawanan,ketidak mampuannya menghubungkan informasi yang diperolehnya disekolah dengan apa  yang mesti dia ketahui supaya bekerja produktif dan menikmatinya dalam kehidupannya. Sementara anak-anak masyarakat sederhana selalu dalam hubungan yang intim dengan visi orang dewasa terhadap keterampilan yang sedang dipelajarinya,sebaliknya anak-anak masyarakat modern pada umumnya terpisah  secara fisik dan psikologi dari pekerjaan-pekerjaan yang akan menggunakan pengetahuanya.

Perbandingan Pendidikan Masyarakat Modern dan sederhana

  1.  Dalam masyarakat sederhana guru-guru mempraktekkan apa yang mereka ajarkan sedangkan dalam masyarakat modern guru –guru tidak bisa sekalian menjadi eksekutif karena tidak mempunyai lagi yang di ajarkan.
  2. guru-guru dalam msayarakat sederhana sangat terikat pada murid-murudnya ,anggota kerabatnya dan juga pada apa yang diajarkannya sedangkan pada masyarakat modern  tidak terlibat secara langsung dengan sukses atau gagal muridnya, kurang merasakan insentif hidup atau mati untuk mengajar secara efektif.
  3. Dalam masyarakat Sederhana mengajarkan dan belajar menjadi lebih mudah sebab objek pengajaran selalu dapat diperoleh sedangkan masyarakat modern pada umumnya sulit didapatkan.
  4. Masyarakat modern mengajarkan anak-anak mereka lebih banyak pengetahuan daripada masyarakat sederhana, masyarakat modern lebih banyak metode mengajar dan menggunakan waktu lebih banyak dalam pengajaran formal.

 

 

  1. D.    Hubungan Pendidikan Masyarakat Modern dan Sederhana dengan Bimbingan Konseling

Hubungan Pendidikan masyarakat modern dan sederhana dengan bimbingan Konseling terletak pada proses pendidikan itu dilaksanakan ,baik dalam pendidikan masyarakat modern dan sederhana, bimbingan konseling sebagai salah satu hal yang diajarkan dalam pendidikan masyarakat ini, bimbingan konseling menekankan adanya perubahan pada masyarakat modern dan sederhana baik itu mengenai mutu pendidikan terkhusus dari kepribadian dari masyarakat tersebut. Jika dilihat dari  seorang konselor pendidikan masyarakat ini sangat penting untuk dipelajari karena seorang konselor dapat memahami dan menelaah secara seksama mengenai perbedaan antara pendidikan masyarakat modern dan sederhana dan dapat memberikan asumsi-asumsi positif dalam pendidikan terkhusus mengenai cara membantu konseli dalam menyelesaikan masalahnya dengan perbedaan teknik yang digunakan pada masyarakat modern dan sederhana.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,844 other followers

%d bloggers like this: