RSS

PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER DI SEKOLAH

01 Apr

PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER DI SEKOLAH

DAFTAR ISI

  1. Rasional
  2. Visi dan misi bimbingan dan konseling Karir
  3. Tujuan Bimbingan dan Konseling Karir
    1. Tugas – tugas Perkembangan siswa
    2. Bidang Pelayanan  Konseling
    3. Fungsi Konseling Karir
    4. Prinsip dan Asas Konseling Bk Karir
    5. Jenis Layanan Konseling Karir
    6. Kegiatan Pendukung Karir
    7. Pengelompokan Kegiatan Karir
    8. Sarana prasarana Pelayanan bimbingan konseling Karir

PENUTUP

            Lampiran – lampiran

  1. Bidang materi pengembangan
  2. Jadwal kegiatan

 

 

 

                                                                                                Makassar,  2011

 

Mengetahui

Kepala sekolah                                                                        Koordinator BK

 

       
       


 

PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER DI SEKOLAH

 

IDENTITAS                          

NAMA SEKOLAH                :  SMA NEGERI 1 TAMALATEA

ALAMAT SEKOLAH           :  JENEPONTO

TAHUN PELAJARAN         :  2011/2012

 

  1. A.    Rasional

Siswa SMP, SMA/SMK dalam psikologi perkembangan dikategorikan berada rentang usia remaja atau adolesensia awal. Mereka berada pada fase transisi dari dunia anak ke dunia dewasa. Mereka harus menggunakan masa remajanya untuk bersiap melakukan berbagai peran yang harus dilaksanakan pada masa dewasanya nanti. Salah tugas perkembangan penting yang harus diwujudkan pada individu remaja usia SMP, SMA/SMK  adalah memiliki wawasan dan pemahaman tentang langkah-langkah yang harus ditempuh dalam rangka memasuki dunia dewasa termasuk dunia kerja.

Sekolah sebagai tempat remaja menimba ilmu dan mengembangkan kompetensinya bertanggung jawab untuk membantu dan memfasilitasi remaja yang menjadi peserta didiknya untuk menguasai semua kompetensi yang diperlukan untuk memasuki masa dewasa, termasuk untuk menyiapkan diri untuk memasuki dunia karir. Pendidikan di sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan sikap mental, keterampilan, kecerdasan, dan wawasan yang dipelukan bagi lulusan untuk memasuki dunia kerja. Di sekolahlah dibangun berbagai kapasitas yang diperlukan seseorang untuk menghadapi tantangan dan persaingan dunia kerja. Sekolah tidak hanya bertanggung jawab untuk mengembangkan hard-skills siswa, tapi juga memperkuat soft-skill yang mereka perlukan  untuk sukses mengarungi dunia kerja.

Salah satu elemen pendidikan di sekolah yang dipandang strategis dalam memfasilitasi pengembangan berbagai kemampuan prevokasional dan soft-skill siswa adalah program bimbingan karir bagi siswa. Pelayanan bimbingan karir meru­pakan salah satu dari empat bidang pelayanan bimbingan konseling di sekolah. Keempat bidang yang dimaksud, adalah bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bim­bingan pembelajaran, dan bimbingan karir (Prayitno & Anti, 1999; Prayitno, 2002).

Ada dua sasaran penting yang hendak dicapai dalam bimbingan karir di sekolah. Pertama, membantu siswa untuk memahami dan menerima karakteristik dan potensi dirinya. Kedua, membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan karakteristik dan tuntutan dunia kerja (Ahmadi & Rohani, 1999). Di samping itu, perlaksanaan bimbingan karir di SMP juga diharapkan dapat membantu siswa untuk mengembangkan berbagai keterampilan yang membangun kecerdasan wirausaha seperti core work skills, soft-skills, dan prevocational skills, sehingga mereka dapat memiliki keyakinan diri yang lebih kuat untuk memasuki dunia kerja.

Penyelenggaraan bimbingan karir yang efektif di sekolah di samping berkontribusi untuk memfasilitasi pencapaian tugas perkembangan siswa terkait dengan karir juga akan dapat berkontribusi penting dalam membantu sekolah mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

 

  1. B.     Visi dan Misi Bimbingan Konseling Karir
    1. 1.      Visi

Terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar peserta didik berkembang secara optimal, mandiri dan bahagia.

  1. 2.      Misi
    1. Misi pendidikan, yaitu memfasilitasi pengembangan peserta didik melalui pembentukan perilaku efektif-normatif dalam kehidupan keseharian dan masa depan.
    2. Misi pengembangan, yaitu memfasilitasi pengembangan potensi dan kompetensi peserta didik di dalam lingkungan sekolah/ madrasah, keluarga dan masyarakat.
    3. Misi pengentasan masalah, yaitu memfasilitasi pengentasan masalah peserta didik mengacu pada kehidupan efektif sehari-hari.
    4. 3.      Tujuan Bimbingan dan Konseling Karier
      1. Dapat memahami diri, dan menilai dirinya sendiri, terutama berkaitan dng potensi yg ada dlm dirinya mengenai kemampuan minat, bakat, sikap dan cita-citanya
      2. Menyadari dan memahami nilai-nilai yang ada dlm dirinya dan yg ada dlm masyarakat.
      3. Mengetahui berbagai jenis pekerjaan yg berhubungan dng potensi yg ada dlm dirinya.
      4. Mengetahui jenis-jenis pendidikan & latihan yg diperlukan bagi suatu bidang tertentu.
      5. Menemukan hambatan2 yg mungkin timbul, yg disebabkan oleh dirinya sendiri & faktor dr lingkungan.
      6. Para siswa dpt merencanakan masa depannya, serta menemukan karir & kehidupannya yg serasi/sesuai
      7. C.    Tugas – tugas Perkembangan Siswa
  • Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya
  • Mencapai peran sosial sebagai pria atau wanita
  • Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif
  • Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
  • Mencapai jaminan kemandirian ekonomi
  • Memilih dan mempersiapkan karir
  • Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga
  • Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan warga negara
  • Mencapai perilaku yang bertanggung jawab secara sosial
  • Memperoleh seperangkap nilai sistem etika sebagai petunjuk/pembimbing dalam berperilaku
  1. D.    Bidang Pelayanan  Konseling
  2. Bimbingan Pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik.
  3. Bimbingan Sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas
  4. Bimbingan Belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri
  5. Bimbingan Karier, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karier.
    1. E.     Fungsi konseling BK Karier

1. Pemahaman, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memahami diri dan lingkungannya.

2. Pencegahan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik mampu mencegah atau menghindarkan diri dari berbagai permasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya.

3. Pengentasan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik mengatasi masalah yang

dialaminya.

  1. Pemeliharaan dan pengembangan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memelihara dan menumbuh-kembangkan berbagai potensi dan kondisi positif yang dimilikinya.
  2. Advokasi, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memperoleh pembelaan atas hak dan atau kepentingannya yang kurang mendapat perhatian
  3. F.     Prinsip- Prinsip dan Asas-Asas BK Karir
  4. 1.      Prinsip-prinsip BK karir
    1. Bk Karir diberikan untuk meningkatkan pemahaman terhadap dunia kerja
    2. Bk karir mempertimbangkan aspek-aspek perkembangan individu
    3. Penyelenggaraan BK Karir merupakan bagian yang integral dari keseluruhan program pendidikan
    4. memberikan pelayanan kepada semua siswa dengan mempertimbangkan potensi-potensi pribadi
    5. 2.      Asas-asas BK karier
    6. Pelaksanaan Bimbingan karir di sekolah harus berdasarkan hasil penelusuran yang cermat terhadap kemampuan dan minat siswa.
    7. Pemilihan dan penentuan bidang pekerjaan didasarkan keputusan siswa sendiri.
    8. Pelaksanaannya mengikuti proses berjalannya pendidikan.
    9. Pelaksanaannya harus optimal.
    10. Pelaksanaannya tidak menimbulkan beban pembiayaan untuk orang tua siswa.
    11. Pelaksanaannya harus menjalin hubungan kerjasama antara sekolah dngan unsur –unsur diluar sekolah yang saling menunjang.

 

  1. G.    Jenis Layanan BK Karir
    1. Orientasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah/madrasah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran peserta didik di lingkungan yang baru.
    2. Informasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik menerima dan memaham berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan.
    3. Penempatan dan Penyaluran, yaitu layanan yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler.
    4. Penguasaan Konten, yaitu layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu, terumata kompetensi dan atau kebiasaan yang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat.
    5. Bimbingan dan Konseling Perorangan, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam mengentaskan masalah pribadinya
    6. Bimbingan dan Konseling Kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalampembahasan dan pengentasan masalah pribadi melalui dinamika kelompok.

 

H.    Kegiatan Pendukung

1.    Himpunan Data yaitu kegiatan menghimpun data yang relevan dengan pengembangan peserta didik, yang diselenggarakan secara berkelanjutan, sistematis, komprehensif, terpadu, dan bersifat rahasia.

  1. Tampilan Kepustakaan, yaitu kegiatan menyediakan berbagai bahan pustaka yang dapat digunakan peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan sosial, kegiatan belajar, dan karir/jabatan.
  2. Alih Tangan Kasus, yaitu kegiatan untuk memindahkan penanganan masalah peserta didik ke pihak lain sesuai keahlian dan kewenangannya
  3. I.     Pengelompokan Kegiatan

 

No

 

Kegiatan

Materi Bidang Pengembangan

Karir

1.

Layanan Orientasi

Mengenal karir  dan syarat mendapatkannya

2.

Layanan informasi

Informasi tentang arah dan kondisi karir

3.

Layananpenempatan penyaluran

Penguatan akan karir yang diminati

4.

Layanan penguasaan konten

Penguasaan tentang karir jenis dan syaratnya

5.

Layanan konseling perorangan

Kemampuan mengelola hambatan dalam mempersiapkan karir

6.

Layanan konseling kelompok

Kemampuan menyesuaikan pilihan karir dengan melibatkan bantuan kelompok

7.

Himpunan data

Data rencana karir

8.

Tampilan kepustakaan

Bacaan dan rekaman tentang arah dan kehidupan karir

9.

Alih tangan kasus       

Pendalaman penanganan masalah karir

 

 

 

 

  1. J.      Sarana prasarana Pelayanan bimbingan konseling Karir

            Faktor Hardware yang dapat beruwujud fasilitas ruang bimbingan ,ruang konseling,ruang konferensi,meja kursi,rak-rak,almari,tape recorder,TV/video, overhead projektor, slide pojektor, tustel, kotak masalah, papan media bimbingan.

            Faktor software, antara lain berupa buku-buku paket, buku-buku acuan, buku-buku penuntun kabatan, klasifikasi jabatan, booklet, leaflet jabatan, kepustakaan yang berhubungan dengan pekerjaan jabatan atau karir, dan format-format isian

 

PENUTUP

  1. A.      Kesimpulan

Bimbingan karir termasuk sebagai salah satu jenis bimbingan dalam program bimbingan dan penyuluhan. Program bimbingan karir mendapat perhatian khusus , mendapatkan penekanan agar dilaksanakan disekolah sesuai dengan tuntunan kurikulum yang berlaku dewasa ini. Hal itu disebabkan oleh besarnya tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan struktur ekonomi, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan sosial serta pertambahan penduduk.

Bimbingan karir adalah proses bantuan yang diberikan kepada semua murid agar dapat memahami diri, menilai potensi-potensi diri, memahami dunia kerja serta faktor-faktor yang perlu diperhitungkan dalam proses pemilihan pekerjaan dan pendidikan tambahan sehingga murid memiliki sikap positif terhadap diri sendiri dan pandangan objektif terhadap dunia kerja serta mampu mengambil keputusan yang realistik tentang karir yang dipilih sesuai dengan potensi yang dimiliknya dan kenyataan dalam masyarakat.

Sebagai bagian dari bimbingan maka pada dasarnya tujuan, fungsi, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan program bimbingan karir sama dengan bimbingan pada umumnya. Jadi bimbingan karir dan jenis bimbingan yang lain tidak terpisahkan tetapi dapat dibedakan karena terdapat pengkhususan sejalan dengan pengertian dan konsep yang terkandung dalam batasannya. Jadi berlaku fungsi administrasi yang meliputi perencanaan, penyusunan program ,pengorganisasian, pengkoordinasian, dan penilaian serta pengawasan dan pengendali dalam bimbingan karir sebagai bagian dari administrasipelayanan khusus pendidikan

 

  1. B.  Saran

A.Pelajarilah administrasi pendidikan tentang pengertian bimbingan karir agar setidaknya kita mengetahui cara dalam mengatasi murid yang memiliki masalah tentang karir dalam dunia kerja di masa yang akan datang.

B. Penulis dan para pembaca hendaknya tidak berhenti sampai disini, melainkan terus mencari sumber-sumber bahan yang berhubungan dengan pengertian bimbingan karir  kepada murid agar dapat mengetahuin lebih mendalam bagaimana menjadi seseorang pembimbing karir yang baik dalam mengatasi permasalahan murid.

 

 

Lampiran-lampiran

 

  1. Bidang materi pengembangan

No

 

Kegiatan

Materi Bidang Pengembangan

Karir

1.

Layanan Orientasi

Mengenal karir  dan syarat mendapatkannya

2.

Layanan informasi

Informasi tentang arah dan kondisi karir

3.

Layanan penempatan penyaluran

Penguatan akan karir yang diminati

4.

Layanan penguasaan konten

Penguasaan tentang karir jenis dan syaratnya

5.

Layanan konseling perorangan

Kemampuan mengelola hambatan dalam mempersiapkan karir

6.

Layanan konseling kelompok

Kemampuan menyesuaikan pilihan karir dengan melibatkan bantuan kelompok

7.

Himpunan data

Data rencana karir

8.

Tampilan kepustakaan

Bacaan dan rekaman tentang arah dan kehidupan karir

9.

Alih tangan kasus

Pendalaman penanganan masalah karir

 

 

  1. Jadwal kegiatan

No

Hari/Tanggal

Jam/WITA

Sasaran

Kegiatan

Tempat

Ket

1

Senin-Rabu 5-7 Juli 2011

07.30-09.10

Kelas X

Layanan Orientasi

Kelas X

MOS

2

Kamis, 08 Juli 2011

09.00-10.55

Kelas XII

Layanan Informasi

Kelas XII

 

3

Jumat, 09 Juli 2011

14.00-16.00

Kelas X,XI,XII

Layanan Penempatan dan Penyaluran

Kelas X,XI,XII

Kegiatan Ekstrakurikuler

4

Senin, 12 Juli 2011

07.30-09.10

Kelas XII

Layanan Penguasaan Konten

Kelas XII

 

5

Sabtu, 17 Juli 2011

10.00- Sampai Selesai

Kelas X,XI,XII

Layanan Konseling Perorangan

Kelas X,XI,XII

 

6

Selasa, 20 Juli 2011

11.00-12.00

Kelas XII

Layanan Konseling Kelompok

Kelas XII

 

7

Senin-Sabtu

Dikondisikan

Kelas X,XI,XII

Himpunan Data

Kelas X,XI,XII

 

8

Senin-Sabtu

Dikondisikan

Kelas X,XI,XII

Tampilan Kepustakaan

Kelas X,XI,XII

 

9

Senin-Sabtu

Dikondisikan

Ahli

Alih Tangan Kasus

Ruang Konseling

 

 

 

 SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

  1. Topik Permasalahan/Bahasan :  Mengenal karir  dan syarat mendapatkannya
  2. Bidang Bimbingan                              :  Karir
  3. Jenis Layanan                                      :  Orientasi
  4. Fungsi Layanan                                   :Pemahaman,Pemeliharaandan Pengembangan
  5. Sasaran Layanan                                 :  Kelas X       
  6. Tujuan Layanan/ Hasil Yang ingin dicapai     :
  • Siswa dapat memahami Karir dan Cara Mendapatkannya
  • Siswa dapat memilih jurusan dengan tepat sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan mereka
  1. Metode                                                :  Diskusi, Ceramah,Diskusi Kelompok
  2. Tempat penyelenggaraan                    :  Ruang Kelas
  3. Waktu/tanggal                                     : Sesuai dengan waktu tersedia/sesuai dengan    

kesepakatan         

  1. Penyelenggara layanan                        :  Konselor
  2. Pihak-pihak Yang Disertakan             : Guru Mata pelajaran, guru pembimbing lain   yang ada di sekolah tersebut
  3. Alat/ perlengkapan yang digunakan: kertas, laptop, LCD, spidol, papan tulis
  4. Rencana Penilaian dan   Dan Tindak lanjut :
  • Proses (  Keaktifan  siswa)
  • Hasil ( laijapen,  laijapang)
  • Memberi layanan yang relevan
  1. Keterkaitan layanan ini dengan              :  Layanan informasi, layanan orientasi,
  2. Uraian Kegiatan dan materi   layanan    :
  • Mengelompokkan kelas untuk di beri layanan bimbingan.
  • Pemberian materi  layanan berupa

-          Memperkenalkan kepada siswa semua jurusan yang ada di perguruan tinggi

-          Memperkenalkan kepada siswa tentang  mata pelajaran yang di pelajari di setiap jurusan

-          Menjelaskan kepada siswa tentang jurusan yang bisa di ambil setelah lulus di SMA

-          Menjelaskan kepada siswa mengenai pekerjaan apa yang akan diperolh setelah lulus di perguruan tinggi

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Dewa Ketut Sukardi. 1987. Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia

 

 


 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                KELOMPOK 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Image

 

 

About these ads
 
6 Comments

Posted by on April 1, 2012 in Tentang saya

 

6 responses to “PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER DI SEKOLAH

  1. Amirullah Daeng Sibali

    April 1, 2012 at 10:46 pm

    kaya’nya tugas-tugas aku bakalan lebih mudah nih. soalnya dapat acuan yang mantap abis..

    thank’s kanda!!!

     
    • bukunnq

      April 1, 2012 at 10:53 pm

      oke de’….. makasih juga…… sama sama de…..

       
  2. arasmunandar

    April 2, 2012 at 2:44 am

    ngapami foto na ndende ee … hahaha

     
    • bukunnq

      April 2, 2012 at 2:49 am

      harus itu,,,,,,,,,,,,,,

       
  3. n_n

    May 14, 2012 at 1:58 pm

    hoorrreeee…….. makasih yaaa….

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,847 other followers

%d bloggers like this: