RSS

Pendidikan Dunia Maya

23 Apr

BAB I

PENDAHULUAN


Pengembangan media belajar berbasis internet sudah menjadi trend bahkan mengarah kepada keharusan, namun demikian berkaitan dengan mahalnya biaya pengembangan media belajar berbasis internet, dan juga ketidak beradaan fasilitas yang memadai yang menyebabkan masih cenderung mahalnya biaya akses internet menyebabkan semakin beratnya penerapan media belajar berbasis internet dalam dunia pendidikan.

Tulisan ini berusaha memberikan sebuah solusi bagaimana kita memanfaatkan fasilitas gratis yang banyak disediakan oleh dunia maya semisal hosting gratis, domain name gratis, buku tamu gratis, email gratis, mailing list gratis, fasilitas messenger atau chatting gratis, weblog gratis, photo album gratis, tag-board gratis, dan lain sebagainya untuk dimanfaatkan dalam pengembangan media belajar elektronik yang murah dan efektif untuk di manfaatkan. Keberadaan situs kelas Sistem Informasi Manajemen di STIE contoh kasus pengembangan media pembelajaran berbasis elektronik yang cukup efektif dalam mendukung prosesbelajar siswa dikelas maupun di luar kelas.

Berdasarkan penjelasan diatas maka kami dari kelompok 11 akan membahas lebih dalam dan lebih memahami mengenai pendidikan dunia maya yang secara global digunakan dalam pendidikan sekarang ini.

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

  1. A.    Realita Pendidikan Dunia Maya

Banyak orang tua yang menyangkan kelakuan remaja saat ini yang konon terperangkap di dunia maya dan miskin sosialisasi. Sepuluh tahun yang lalu atau lebih, sangat mudah menjumpai orang-orang menunggu bis atau berbaris dalam antrian dan bercakap-cakap satu sama lain, meskipun belum saling mengenal. Kini pemandangan menunggu bis atau ngantri sama sekali berbeda. Orang-orang, terutama kaum muda, lebih asik menekan tombol-tombol HP mereka dan senyum-senyum sendiri saat mengirim/membaca sms atau chatting. Tubuh mereka memang ada di sini, tetapi tidak jiwanya, begitu kira-kira kalau dilukiskan secara puitis meniru Dewa 19.

Saat berjalan, jogging, atau naik sepeda, orang-orang juga lebih senang mendengarkan musik lewat IPOD. Maka dari itu, tidak heran kalau ada yang berkelakar bahwa IPOD bisa mengubah seorang remaja menjadi simpanse. Gaya mereka memang mirip simpanse, cuek, berjalan tanpa peduli lingkungan dan diam tidak bertegur sapa. Senyumpun tidak mudah ditebar. Meski hanya kelakar, deskripsi perilaku ini mungkin memang sudah sangat mirip dengan simpanse.

Namun begitu, perkembangan teknologi dan kecenderungan komunikasi berkisah lain. Bagi seorang web programmer, internet mungkin justru adalah dunia nyata karena sebagian besar waktunya ada di internet. Interaksi yang dilakukannya dengan orang lain sebagian besar melalui internet. Orang-orang seperti ini mungkin lebih menikmati diskusi soal pekerjaannya dengan orang-orang di belahan dunia lain melalui video chat dibandingkan ngobrol dengan tetangga RT saat ronda, misalnya.

Kalaupun harus ngobrol di tempat ronda, itu karena kewajiban dan tidak lebih dari sekali dalam seminggu. Selama 6 malam lainnya, orang seperti ini akan tenggelam di internet. Selain itu, mereka bekerja dengan internet dan mendapatkan uang untuk keluarganya melalui internet. Sering terjadi, antara penyedia jasa dan penerima jasa tidak pernah bertemu fisik tetapi sudah sangat akrab lewat email atau chatting.

  1. B.     Jenis Komunikasi Pendidikan  Dunia Maya

Berikut ini akan disajikan empat jenis komunikasi di dunia maya yang bisa dilakukan, yaitu komunikasi menggunakan atau memanfaatkan fasilitas e-mail, Milis, Chatting dan Facebook.

  1. 1.       E-mail

E-mail merupakan kependekan dari electronic mail, dalam bahasa indonesia artinya surat elektronik. Kata e-mail itu sendiri merujuk pada dua hal, pertama, e-mail merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas berbasis Internet yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik. Ada beberapa aplikasi e-mail di antaranya Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, AOL, Sina, 126, 163, Daum dan sebagainya. Program ini digunakan untuk membaca, mengirim, dan menyimpan e-mail

Kedua, e-mail yaitu surat elektronik. Surat elektronik adalah surat yang dibuat, dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data elektronik yang dibuat, dikirim dan/atau diterima dalam bentuk data yang diolah dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan elektronik komputer dan jaringan internet.

Melalui e-mail ini kita bisa saling berkirim surat sebagaimana layaknya saling berkirim surat biasa, hanya dalam wujud surat yang berbeda, bukan berupa kertas. Beragam jenis data dan informasi yang bisa dikirim melalui e-mail, yaitu bisa berupa teks atau tulisan, gambar, suara, dan video. Kesemuanya dalam bentuk data elektronis.

  1. 2.       Milis

Milis atau mailing list adalah layanan di dalam Internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mail. Diskusi dalam milis bisa dikelompok-kelompokkan berdasarkan kategori atau topik dan kelompok tertentu. Misalnya topik tentang pekerjaan, bisnis, pendidikan, hobi dan lain-lain. Atau kelompok organisasi kemahasiswaan, HMJ KURTEK, BEM, HMI dan sebagainya. Salah satu penyedia mailing list (server) yang paling terkenal adalah Yahoo!.

Untuk bisa melakukan diskusi di milis atau mailing list, kita harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list, misalnya di Yahoo! Groups. Kalau sudah terdaftar artinya kita sudah memiliki akses untuk masuk ke dalam kelompok-kelompok diskusi di mailing list yang sudah ada. Di sini kita bisa mengirim dan menerima pesan e-mail sesuai dengan tema diskusi tertentu.

Tidak menutup kemungkinan, ketika sesudah sekian lama menjadi anggota milis kita merasa jenuh atau merasa tidak menemukan apa yang kita butuhkan, kita bisa keluar dari keanggotaan kelompok diskusi yang sudah kita masuki. Selanjutnya, kita bisa masuk sebagai anggota pada tema atau kelompok yang lain atau membentuk kelompok sendiri dengan tema diskusi sesuai dengan bidang keminatan kita.

Untuk membuat group diskusi baru, kita harus mendaftar pembentukan group atau kategori tema diskusi terlebih dahulu. Apabila kelompok sudah terbentuk, selanjutnya kita bisa mengundang oranorang yang memiliki keminatan yang sama atau yang tertarik dengan tema diskusi yang kita bentuk untuk menjadi teman atau anggota milis. Apabila sudah banyak pendaftar atau banyak yang ikut bergabung dengan kelompok baru kita, di sini kita harus bisa mengelola keberadaan para anggota milis. Di antaranya pengelolaan status anggota misalnya sebagai anggota (member), moderator atau sebagai owner, termasuk menghapus dari keanggotaan milis.

  1. 3.       Chatting

Chatting merupakan kata benda dari kata kerja chat (Inggris) artinya mengobrol. Chatting dalam dunia Internet artinya program yang tersedia yang digunakan untuk mengobrol atau berinteraksi via internet. Melalui fasilitas ini, kita bisa bisa mengobrol atau berkomunikasi dengan siapa pun dan di mana pun di seluruh belahan dunia. Pemanfaatan chatting ini, dewasa ini banyak digunakan untuk mencari perkenalan dengan orang-orang yang berbeda latar budaya, bahkan terkadang untuk ajang cari jodoh. Meskipun demikian, sebenarnya pemanfaatan internet tidak terbatas untuk perkenalan saja, tetapi dapat digunakan untuk beragam tujuan termasuk untuk kepentingan pendidikan.

Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa dilakukan dengan program chatting ini, yaitu komunikasi lewat tulisan, komunikasi dengan suara, komunikasi dengan gambar, bisa mengirim file, juga bisa mengirim pesan singkat (SMS). Selain dari pada itu, chatting bisa dilakukan berdua saja atau beramai-ramai dengan banyak orang. Untuk ngobrol dengan banyak orang bisa menggunakan fasilitas chat room.

Chatting di internet menjadi mungkin dilakukan karena adanya suatu perangkat lunak (software) yang dikembangkan khusus untuk melakukan itu. Terdapat sejumlah perangkat lunak yang dewasa ini bisa digunakan di antaranya yaitu: mIRC, MSN Messenger, ICQ, GotoWorld, Yahoo! Messenger, dan yang lainnya. Menurut beberapa literatur, yang paling banyakdigunakan adalah Yahoo! Messenger.

Dalam Yahoo! Messenger fasilitasnya cukup lengkap dan menarik. Fasilitas tersebut adalah: chat lewat suara (voice chat), chat sambil tatap muka via kamera (webcam), melakukan panggilan dari komputer ke komputer (PC to PC call), Melakukan panggilan dari komputer ke telepon (PC to phone call), melakukan panggilan dari telepon ke komputer (phone to PC call), ruang-ruang chat (chat rooms), mendengarkan radio online (launch cast radio), mengirim file (file transfer), bermain game dengan lawan chat (Yahoo! Games), mengobrol dengan beberapa orang sekaligus (conference) dan sebagainya.

  1. 4.      . Facebook

Facebook merupakan salah satu program aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet, di samping program lainnya. Pencetus dan pengembang aplikasi ini adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Universitas Harvard. Tujuan awal dari dikembangkannya facebook ini yaitu sebagai media untuk saling mengenal antar mahasiswa Harvard, saling mengenal jati diri teman-teman sekampusnya dengan tanpa harus bertatap muka langsung. Mengingat jumlah mahasiswa yang begitu banyak.

Melalui facebook ini kita bisa berkenalan dengan orang baru, reuni dengan teman-teman lama, juga bisa digunakan untuk kepentingan tertentu lainnya misal pendidikan, politik, bisnis dan sebagainya. Melalui situs ini kita bisa berekspresi, berkomunikasi dengan teman atau kenalan yang sudah ada, juga bisa memperluas jaringan pertemanan dengan cara mengundang atau diundang teman. Merujuk pada penjelasan Team Cyber (2009) dalam 30 Menit Membongkar Rahasia Facebook,

  1. C.    Enam Aspek Menjaga dan Melindungi Dunia Maya
  2. 1.      Cyber Space

Internet merupakan sebuah entitas yang tidak ternilai harganya – yang dari masa ke masa, akan semakin meningkat harga dan nilainya, karena semakin banyak aktivitas yang terjadi di sana.

  1. 2.      Cyber Threat

Dari munculnya realita cyber space, sebagaimana adanya sebuah benda berharga, pasti diiringi pula dengan banyaknya pihak yang tertarik untuk “memilikinya”. Perhiasan misalnya, sering kali diburu orang untuk dijadikan milik karena nilainya yang makin lama makin meningkat (baca: investasi berharga). Namun ada pula pihak-pihak yang ingin memilikinya dengan cara-cara yang jahat, seperti ingin mencurinya, merampok, bahkan merebutnya dari kepemilikan yang sah. Demikian pula hal yang sama menimpa internet. Semakin bertambah nilai dunia maya ini, semakin banyak pula ancaman yang menyertainya.
3. Cyber Attack

Potensi ancaman (Cyber Threat) akan benar-benar menjadi masalah jika berhasil dieksploitasi oleh orang-orang jahat dalam rupa sebuah serangan Berdasarkan Konvensi Budapest, jenis serangan di dunia maya dapat dikategorikan menjadi tiga jenis:

a. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi alat atau senjata utama untuk melakukan kejahatan. Contohnya adalah Komputer dan internet dipergunakan sebagai alat dan medium untuk menyebarkan aliran-aliran sesat;Telpon genggam (baca: handphone) dimanfaatkan untuk mengirimkan pesan-pesan atau SMS yang menipu calon korban7;Electronic Mail dipakai sebagai sarana untuk mengirimkan gambar-gambar atau video bernuansa pornografi; dan lain sebagainya

b. Kategori kedua adalah kumpulan peristiwa dimana komputer atau teknologi informasi menjadi sasaran pusat serangan dari pelaku tindak kejahatan, seperti :Melakukan transaksi keuangan fiktif dalam sebuah sistem perbankan berbasis internet (baca: e-banking);
Mematikan atau memacetkan kerja sebuah jejaring internet (baca: LAN atau WAN) secara remote;Menyebarkan virus-virus untuk mengganggu kinerja komputer-komputer tertentu; dan lain sebagainya

c. Kategori jenis serangan ketiga ditujukan bagi peristiwa yang bertujuan utama untuk merusak (termasuk memodifikasi dan memfabrikasinya) data atau informasi yang tersimpan di dalam media perangkat teknologi informasi. Serangan yang dimaksud antara lain:
Merubah isi sebuah situs tanpa sepengetahuan pemiliknya;Mengambil kumpulan password atau informasi lengkap kartu kredit sekelompok individu untuk disalahgunakan atau diperjualbelikan;Merusak sistem basis data utama sehingga semua informasi di dalamnya menjadi tidak dapat terbaca atau diakses secara normal; dan lain sebagainya.
4. Cyber Security

Usaha pengamanan harus dilakukan oleh mereka yang berkepentingan dengan cara Protecting InteractionsProtecting InformationsProtecting Infrastructure

  1. 5.    Cyber Crime

secara prinsip terdapat 4 (empat) jenis aktivitas yang kerap dikategorisasikan sebagai tindakan kriminal dalam dunia teknologi informasi.Pertama adalah interception, yaitu tindakan menyadap transmisi yang terjadi antara satu pihak dengan pihak yang lainKedua adalah interruption, yaitu tindakan yang mengakibatkan terjadinya pemutusan komunikasi antara dua buah pihak yang seharusnya berinteraksi.

Fenomena Denial of Services (DoS) atau Distributed Denial of Services (DDoS) merupakan salah satu serangan yang dapat mengakibatkan terjadinya kondisi interupsi pada sistem komputer.Ketiga adalah modification, yaitu tindakan melakukan perubahan terhadap data atau informasi atau konten yang mengalir dalam sebuah infrastruktur teknologi informasi tanpa sepengetahuan yang mengirimkan/menerimanya.

Web defacement merupakan salah satu jenis serangan yang bisa dikategorikan dalam kelas ini.Keempat adalah fabrication, yaitu tindakan mengelabui seolah-olah terjadi suatu permintaan interaksi dari seseorang seperti yang dewasa ini dikenal dengan istilah phishing.
6. Cyber Law

Pada akhirnya, cyber security semata tidak dapat mencegah terjadinya motif kriminal di dunia maya. Dalam kaitan inilah maka beberapa negara mulai menyusun dan memberlakukan undang-undang dunia maya (baca: cyber law).

  1. D.    Kejahatan Dunia Maya

Kejahatan dunia maya (Inggris: cybercrime) adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit, confidence fraud, penipuan identitas, pornografi anak, dll.

Walaupun kejahatan dunia maya atau cybercrime umumnya mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer sebagai unsur utamanya, istilah ini juga digunakan untuk kegiatan kejahatan tradisional dimana komputer atau jaringan komputer digunakan untuk mempermudah atau memungkinkan kejahatan itu terjadi.

Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai alat adalah spamming dan kejahatan terhadap hak cipta dan kekayaan intelektual. Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai sasarannya adalah akses ilegal (mengelabui kontrol akses), malware dan serangan DoS. Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai tempatnya adalah penipuan identitas. Sedangkan contoh kejahatan tradisional dengan komputer sebagai alatnya adalah pornografi anak dan judi online.

BAB III

PENUTUP

 

 

  1. A.    Kesimpulan

Pengembangan media belajar berbasis internet sudah menjadi trend bahkan mengarah kepada keharusan, namun demikian berkaitan dengan mahalnya biaya pengembangan media belajar berbasis internet, dan juga ketidak beradaan fasilitas yang memadai yang menyebabkan masih cenderung mahalnya biaya akses internet menyebabkan semakin beratnya penerapan media belajar berbasis internet dalam dunia pendidikan.

Tulisan ini berusaha memberikan sebuah solusi bagaimana kita memanfaatkan fasilitas gratis yang banyak disediakan oleh dunia maya semisal hosting gratis, domain name gratis, buku tamu gratis, email gratis, mailing list gratis, fasilitas messenger atau chatting gratis, weblog gratis, photo album gratis, tag-board gratis, dan lain sebagainya untuk dimanfaatkan dalam pengembangan media belajar elektronik yang murah dan efektif untuk di manfaatkan. Keberadaan situs kelas Sistem Informasi Manajemen di STIE contoh kasus pengembangan media pembelajaran berbasis elektronik yang cukup efektif dalam mendukung prosesbelajar siswa dikelas maupun di luar kelas

Beberapa komponen atau aspek dalam melindungi dan memelihara dunia maya yaitu:

  1. 1.      Cyber Space
  2. 2.      Cyber Threat
  3. Cyber Attack
  4. Cyber Security
  5. 5.      . Cyber Law
  1. B.     Saran

Adapun saran dari penulis adalah yaitu gunakanlah makalah ini dengan sebaik-baiknya dan jadikanlah sebagai bahan referensi untuk makalah yang sejenis.

DAFTAR  PUSTAKA

 

Deni Kurniawan. 2009. Pendidikan Dunia Maya. www. Google.com,diakses 14 Juni 2010

Wikipedia Bahasa Indonesia. Kejahatan Dunia Maya. www.google.com,diakses 14 juni 2010

Anonim a. 2010. 6 Aspek Dunia Maya. www.google.com,diakses 14 Juni 2010

About these ads
 
2 Comments

Posted by on April 23, 2011 in Tentang saya

 

2 responses to “Pendidikan Dunia Maya

  1. http://newquickweightlossdiets.com

    March 18, 2012 at 6:39 pm

    Heya i’m for the first time here. I found this board and I in finding It truly helpful & it helped me out much. I am hoping to offer something again and help others such as you aided me.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,844 other followers

%d bloggers like this: